Aplikasi Visa Jepang

visa jepan

Hai guys! Di post pertama ini, gua akan berbagi informasi (yang mungkin kalian udah temuin di blog-blog lainnya) mengenai cara aplikasi visa Jepang. Yups, jadi perjalanan pertama yang mulai gua blogging adalah perjalanan gua pas ke Jepang ini nih.

Tapi sebelum jalan-jalan tentunya kita butuh visa dulu, right? Jadi, ini nih persiapan awal yang gua lakukan sebelum gua go go go to Japan, yaitu…. BIKIN VISA #jengjeng

Apa aja sih yang gua butuhkan untuk aplikasi visa?

Informasi mengenai apa yang kalian perlukan untuk visa ini bisa didapatkan selengkap-lengkapnya di website kedubes Jepang itu sendiri (klik disini untuk website kedubes Jepang)
Karena tujuan gua ke Jepang adalah untuk tujuan wisata, makanya kita bisa lihat informasi yang keterangannya “Visa Kunjungan Sementara dengan Biaya Sendiri”

Di perjalanan gua ini, gua pergi ber-tiga doang, bareng kakak dan adik gua. Berdasarkan pengalaman gua kemaren, yang gua siapin antara lain adalah:

1. Paspor
Pastikan passpor kalian masih aktif minimal 6 bulan sebelum expiry date-nya. Kalo kalian punya paspor lama, disertakan juga ya. Distaples aja sama passpor baru

2. Formulir permohonan visa
Formulir ini bisa kalian download langsung di website kedubes itu atau langsung aja klik di link samping ini [download (PDF)]

Formulir itu bisa kalian isi pake tangan atau diketik. Jadi kalo mau isi manual pake tangan, tinggal kalian print dan langsung isi. Tapi kalo kalian mau ketik aja isinya juga bisa kok langsung di komputer. File PDF yang dikasih dari kedubes Jepangnya itu dibuat khusus supaya kita bisa isi sesuai tempat yang emang uda dikasih.  Jadi kalian tinggal klik aja bagian yang kosong dan itu bisa langsung diketik informasinya.

Nah formulirnya ini mau diisi pake bahasa indo atau bahasa inggris juga boleh kok. Orang kedubesnya ngerti. Asal jangan pake bahasa lain aja ya :(. Nah buat cara penulisannnya, gua uda temuin cara ngisinya yang super lengkap dari denpasar.id (klik sini)

3. Pas Foto 4,5 x 4,5 dengan background warna putih (foto diambil 6 bulan terakhir)
Pas fotonya harus bersih, jelas, jangan buram. Pas foto lepas kacamata, kupingnya keliatan, jangan miring. Kalo bisa foto nya di foto studio aja, dan jangan foto dengan background di dinding rumah karena bisa2 kita disuruh foto ulang lagi sama kedubesnya. Pokoknya foto belakangnya harus bersih ya. Kalo dari pengalaman gua, foto kakak gua sih foto pake belakang dinding rumah, tapi abis itu gua bawa ke Fujifilm deket rumah, minta Mas-masnya editin ala ala foto studio dan hasilnya bagus lho. Terus biaya editnya cuman 2,500 rupiah juga. Jadi mendingan kalo mau foto sendiri, ya tetep suruh minta mas-masnya editin.

Sekedar informasi aja kalo foto yang kalian perlukan itu cukup 1 lembar foto aja. Jadi, berdasarkan pengalaman gua search di berbagai blog, itu ada yang bilang 2 lembar foto lah, 3 lembar foto lah, ada juga yang bilang cuman 1. Jadi yang bener yang mana nih? Nah gua mau klarifikasi kalo yang benar itu CUKUP SATU cuiy! Waktu itu gua bawa sampai dua foto kan buat ke kedubesnya, dan malah foto gua yang satu lagi itu dibalikkin sama dia -_- Jadi, cukup siapin satu foto aja ya dan foto ini jangan lupa ditempel di tempat yang sudah disediakan di lembar form aplikasi visa itu

4. Fotokopi KTP
Kalo anak yang masih dibawah umur kan belom punya KTP, ya sudah tidak perlu disertakan 🙂

5. Fotokopi Kartu Mahasiswa atau Surat Keterangan Belajar (hanya bila masih mahasiswa)
Buat kalian para mahasiswa yang mau ngajuin visa, kalian bisa pilih mau kasih fotokopi kartu mahasiswa aja ATAU surat keterangan belajar. Tapi kalo boleh saran, mendingan kasih surat keterangan belajar (surat yang nunjukkin kalo kalian adalah mahasiswa aktif dari institusi yang bersangkutan). Surat keterangan belajarnya itu ga mesti pake bahasa inggris kok, pake bahasa Indo juga boleh. Nah, info yang penting banget nih buat kalian yang masih mahasiswa S1, kalo ngajuin Visa ke Jepang itu GRATIS! #gratis #gapakebayar #yangpentinggratis #hidupgratis. Informasi ini gua engga sengaja ketemuin dari blog Jambukebalik (cek disini). Kalian bisa cek juga tuh blognya mengenai trip2 perjalanan dan berisi tips-tips yang guna banget.

Jadi, usahakan kalo di surat keterangan kalian itu ada tulisan keterangan MAHASISWA S1 nya. Kalo perlu di-highlight atau distabilo-in biar orang kedubesnya sadar hahaha

6. Bukti pemesanan tiket pesawat dan pemesanan hotel
Ini nih yang ngurusinnya rada ribet. Karena kondisinya gini, waktu gua mau aplikasi visa itu, gua belom pesen hotel dan tiket pesawat. Karena takutnya pas uda pesen, ternyata visa ditolak. Kan jadi mubazir tuh semua booking-annya. Akhirnya setelah browsing sana sini, ternyata yang perlu kita lakukan adalah booking tiket pesawat dan hotel sementara

Kalo yang booking tiket pesawat, usahakan kalian pesen dari agen-agen travel aja yang BIASANYA punya limit date yang lebih panjang. Jadi, kalo mau berangkat pergi, biasanya kita booking dulu, tapi bisa belom di-issued kan. Selama belom di-issued, booking-an tiket kita masih bisa dibatalin. Nah, makanya kita mendingan cari travel agen yang punya batas issued yang lama. Seberapa lama batas issuednya?? Kalo bisa yang ketika pas kita ngambil visa, reserve ticketnya masih berlaku. Setelah nanti udah tau kita dapet visa nya atau engga, baru deh cepat2 kita batalin booking-an pesawatnya dan kita bisa ngelakuin booking-an pesawat lain sesuai yang kita mau. Atau cara lainnya juga bisa dengan minta tolong bantuan tour untuk buat dummy booking-an pesawat. Kalo gua sih pake cara itu, minta bantuan tour agent dan berhasil!

Kalo yang booking hotel, ini bisa dilakukan di booking.com. Jadi, kalo di booking.com itu, kita bisa membatalkan pesanan kita tanpa terkena biaya. Tapi tentunya, kita juga harus liat batas cancellation datenya. Nah, kita coba deh cari hotel2 yang batas cancellationnya itu lebih lama dari pada waktu pengambilan visa kita. Jadi begitu kita dapet visa, kita bisa langsung batalin bookingan hotel dan ganti ke hotel yang kita mau tempati. Beberapa hotel di booking.com bahkan ada yang memberikan fasilitas booking tanpa menggunakan kartu kredit. Biasanya ada tulisan di atasnya “pemesanan tanpa kartu kredit”. Nah, pemesanan kayak gitu enak tuh, jadi cukup masukkin email kita dan tadaaa kita akan dapat lembaran confirmation bookingnya di email kita. Lembar itu lah yang nantinya harus kita print dan kita lampirkan untuk aplikasi visa. Pokoknya segala hotel, hostel, atau tempat yang akan kita tempati selama di Jepang harus dilampirin bukti booking tempatnya ya.

7. Jadwal Perjalanan
Jadwal perjalanan alias itinerary juga harus dilampirkan pas kalian aplikasi visa ini. Jadi kalo bisa udah tau nih bakal kemana aja kita dan tinggal dimana aja. Buat kalian yang masih engga tau sebenarnya pas di Jepang mau kemana aja, kalian bisa buat itinerary boong2an karena nanti di Jepang juga kita ga diawasi kok bakal kemana aja. Jadi, kita bisa bikin itinerary sementara dulu. Tapi buat kalian yang uda jelas itinerarynya kemana aja ya silahkan ditulis yang jujur (lebih baik toh? hehe).

Form jadwal perjalanannya sudah disediakan dari embassynya, jadi kalian bisa tinggal ngisi langsung (dengan tangan atau ketik). Untuk download dokumennya, silahkan klik link disamping [ download (DOC)]

Pas kalian buat itinerarynya, usahakan tulis sedetail mungkin rencana perjalanan kalian. Misalnya kalian mau ke Tokyo, tapi jangan cuman tulis Tokyo doang yee. Tokyo itu gede coy, jadi kalo bisa yang detail,
misalnya Tokyo: Yoyogi Park-Harajuku-Meiji Shrine. Terus di kolom berikutnya, tulisin tempat kalian nginep itu di hotel/hostel apaan. Di tulis yang lengkap dengan alamat dan nomer telponnya ya. Pokoknya tulis se-detail mungkin deh. Nah, jangan lupa setiap hotel yang kalian akan tempati itu harus punya bukti pemesanan hotelnya ya yang akan dilampirkan juga untuk aplikasi visa.

Contoh Itinerary
Contoh Itinerary

8. Fotokopi dokumen yang bisa menunjukkan hubungan dengan pemohon seperti kartu keluarga, akta lahir, dlsb. (Bila pemohon lebih dari satu)
Kalo gua sendiri sih yang gua sediain dokumennya antara lain adalah kartu keluarga, akta kelahiran, dan akte pernikahan orang tua. Berhubung gua perginya kan bareng sodara, tanpa orang tua gua, makanya gua harus sediain dokumen2 yang bisa nunjukkin hubungan gua dengan sodara2 gua yang pergi bareng gua, dan hubungan gua dengan orang tua gua.

9.Dokumen yang berkenaan dengan biaya perjalanan
Berhubung karena gua pergi dibiayain oleh orang tua gua, maka gua harus kasih surat pernyataan dari orang tua yang nunjukkin kalo mereka memberikan izin kepada gua dan dua saudara gua yang lain untuk pergi travel. Surat ini harus dibuat oleh orang tua kita sebaga bukti kalo mereka memberikan izin kita pergi sendiri tanpa orang tua.

Selain itu, perlu dikasih juga fotokopi bukti keuangan seperti rekening koran atau buku tabungan dari 3 bulan terakhir. Itu semua di print. Kalo bisa kita print rekening koran yang emang jumlahnya itu masuk akal buat biayain perjalanan kita selama di Jepang. Karena kalo seandainya tabungan kita itu ternyata saldonya dikit banget, tapi pas kita buat itinerary itu kita perginya ke tempat2 yang cost-nya lumayan gede, orang kedubesnya bisa curiga, kok biaya yang lu keluarin lebih gede dibandingkan uang yang lu punya (duitnya dari mana atuh?). Jadi hal ini jangan lupa diperhatikan ya

 

Setelah seluruh dokumen di atas udah kalian siapkan, kalian kumpulin jadi satu dan diurutin dokumennya sesuai dengan urutan di atas. Ingat ya! HARUS URUT. Biar orang kedubesnnya nanti ceknya gampang terus dia prosesnya cepet. Nanti pas dikasih ke kedubes itu, kalian cuman kasih dokumennya doang. Jadi, engga perlu map khusus atau amplop cokelat. Itu kalian bawa biar dokumen kalian ga berceceran aja hehehe

 

Kalo dokumennya sudah lengkap, apa yang harus kita lakukan?

Setelah kalian memastikan bahwa dokumen kalian benar-benar sudah clear, maka kita tinggal cao ke Kedutaan Besar Jepang yang ada di Jl. M.H. Thamrin No. 24, Jakarta Pusat, DKI Jakarta 10350, Indonesia.

Gedung Kedubes

Gua sih ke-sananya naik busway. Jadi berhentinya antara di halte TOSARI atau engga halte SARINAH. Ternyata oh ternyata, halte Bundaran HI itu udah engga beroperasi lagii #jeger #guabarutaukemaren #telatyeaa. Jadi dari Sarinah-Kedubes, begitu pula dari Tosari-Kedubes itu sama sama jauh :’). Jadi terimalah kenyataannya bung kalo kalian harus jalan kaki dari halte ke kedubes. Buat kalian yang bawa mobil sendiri, kalian ga bisa parkir di kedubes Jepang karena yang bisa parkir di sana tuh cuman orang kedubes. Jadi, kalo mau parkir pilihannya ya gedung2 di sebelah kedubes, yaitu ex, the plaza, atau grand hyatt.

Kedubes Jepang itu gedungnya warna cokelat muda gitu, terus dia persis di samping The Plaza, atau EX. Yang di samping gedung Louis Vitton itu lho. Nah, pas nyampe, kalian akan disambut oleh Pak Satpam nan ramah. Oh ya, untuk waktu pengajuan aplikasi visa hanya berlangsung dari jam 08.30-12.00. Jadi, di luar waktu itu nanti dia engga terima lagi lho. Waktu itu, gua dateng jam 08.15 pagi. Pintu belom kebuka dan di luar uda lumayan banyak yang ngantri lho! Tapi tenang aja, ngantri di kedubes itu cepet kok. Pokoknya teratur dan engga lama 🙂 Ntar masuknya satu-satu diatur sama Pak Satpam di depan.

Nyampe masuk pintu besi pertama, kalian akan diminta kartu identitas (KTP/ Kartu Pelajar/ SIM/ STNK) di loket gitu deh. Terus nanti kalian dikasih kartu gitu. Nah, waktu itu gua pergi bareng adek gua dimana dia GA PUNYA kartu identitas sama sekali (even kartu pelajar -_-). So, dia engga boleh masuk HAHA dan berakhir tragis nunggu di luar deh sama Pak Satpam.  Setelah menukarkan kartu identitas dengan kartu dari kedubesnya, kita masuk ke pintu biru yang ada tulisannya “entrance”. Nah, disitu bakal ada pemeriksaan tas gitu, baru deh setelah itu nanti kita masuk ke gedung embassynya.

Tempat pengajuan aplikasi visa itu ada di ruangan sebelah kiri begitu kalian masuk gedung. Nyampe disana, kalian akan menemukan mesin bertombol. Ada mesin A sama mesin B. Nah, karena gua WNI, makanya gua pilih yang mesin A. Teken tombolnya dan nanti kalian akan mendapatkan nomer antrian. Setelah itu, kalian tunggu deh di tempat yang sudah disediakan di sana sambil liatin papan nomer di atas bilik bilik. Tunggu aja sampe nomer kalian dipanggil dan langsung aja serahin dokumen2 yang udah kalian siapkan.

Setelah itu, mereka akan kasih bukti slip pengajuan visa (warna putih) yang nanti harus kalian bawa pas mau ambil visanya. Isi kolom:

  • nama pemohon
  • nama pembawa (nama orang yang ngurusin visa kita. Contohnya gua tulis nama gua sendiri walopun gua juga ngurusin pengajuan visa kakak dan adek gua)
  • nomer telepon

Terus nanti kasih lagi ke orang kedubesnya, dan mereka akan tempel no. receipt dan kasih slip warna putihnya buat kita simpen dan bawa pada saat pengambilan visa.

Orang kedubesnya yang ngelayanin gua ramah dan baik kok. Pas gua kasih dokumennya, dia bakal ngecekkin kelengkapan dokumen, terus betulin urutan dokumen yang salah juga. Setelah dia merasa dokumennya lengkap, dia baru kasih slip warna putih itu. Terus dia juga bakal kasih tau kapan kita harus balik lagi untuk ambil visanya. Biasanya proses pengajuan visa berlangsung selama 4 hari kerja. Waktu itu gua apply hari Kamis, 18 Juni 2015 dan Selasa, 23 Juni 2015 gua uda bisa ngambil. Info penting juga, kalo pas pengajuan visa itu kita belom bayar. Pembayaran itu dilakukan pas kita ngambil visanya. Visa diterima atau ditolak dari kedubes tetep harus bayar.

Pas waktu pengambilan gimana?

Waktu pengambilan itu sama kok cara2nya kayak pas ngajuin. Yang bedain tuh cuman di waktunya aja. Jadi kalo buat ngambil visa itu dari jam 13.30-15.00. Di luar itu, gerbang bakal ditutup jadi kita udah engga bisa masuk lagi. Nah, pas dateng, kalian akan ngambil antrian nomer lagi kan. Terus yauda tunggu aja. Pas udah giliran, kalian tinggal kasih slip nomer antrian sama slip putih pengajuan visa itu lho. Setelah itu, nanti orang kedubesnya akan kasih passpor kita (yang amin harusnya sudah ada gambar visanya). Setelah menerima passpor, dia akan kasih tau nominal pembayaran yang harus kita bayar brapa. Karena gua mengajukan visa single entry, maka gua harus bayar Rp 330.000/pemohon. Berhubung gua 3 orang, gua harusnya bayar 990.000. eits, tapi gua hanya disuruh bayar 660.000. Lah? Yaiyalah karena gua kan mahasiswa s1 jadi gua punya gratis #yeaaa. Jadi gua hanya cukup membayar aplikasi visa untuk kakak dan adik gua.

So, sebenarnya ngajuin visa itu engga sulit sulit amat kok. Asalkan persyaratan kita semuanya udah oke, dijamin visanya pasti keluar. Terus juga lebih murah urus visa sendiri. Kalo di-travel, kita masih harus bayar jasanya, jadi bisa sampe 500-600rbuan. Jadi kalo bisa urus sendiri, kenapa tidak? 🙂

 

Jarang jalan jalan

 

Published by Catherine Kho

Still figuring out what I'm gonna do for my life

One thought on “Aplikasi Visa Jepang

Leave a comment